Kamis, 03 Januari 2013

kebiasaan Baik Anak Yang Mulai Luntur


Orang Indonesia dikenal memiliki budaya yang baik. Hal ini mulai diberlakukan kebiasaan - kebiasaan, tata krama  dan norma sejak zaman nenek moyang. Berbeda dengan negara lain negara Indonesia memang terkenal dengan masyarakatnya yang ramah - tamah. Namun semua ini berbalik arah. Bagaimana tidak? kebiasaan-kebiasaan baik yang diajarkan kini telah luntur begitu saja. Ini tentu saja tidak luput dari generasi penerusnya sendiri. Karena bagaimanapun juga anak adalah tunas bangsa.

Ini dia kebiasaan Yang mulai luntur dalam diri Anak
1. Berpamitan


Ini adalah contoh anak yang patut kita tiru. Coba bayangkan jika anak sering pergi begitu saja tanpa berpamitan. hal ini tentu membuat cemas orang tua. Secara tidak langsung batin orang tua akan berusaha untuk mencari dimana  anaknya pergi.

2. Mengucapkan salam
Kebiasaan anak kali ini adalah tidak mengucapkan salam. Ini adalah kebiasaan yang buruk dan paling sering dilakukan oleh anak. Padahal mengucapakan salam adalah sebagai do'a.

3. Senyum
Banyak sekali anak yang masam muka. Biasanya mereka enggan untuk tersenyum entah karena terlalu banyak masalah atau lainnya yang membuat lupa dengan sekitarnya. Tentu itu tidak akn membawa dampak positif bagi orang disekitarnya kerena dengan masam muka tentu orang disekitarnya akan menganggap bahwa orang tersebut sedang benci dengannya.

4.Aktifitas didalam rumah
Kebanyakan memang lebih suka menghabiskan segala aktifitasnya yang menghasilkan kebiasaandiluar rumah. Entah bosan atau apa. Namun lihat saja ketika anak sedang bersama temannya mereka lupa dengan rumah. Kita ambil contoh saja misalnya makan diluar rumah padahal makan makanan di luar rumah belum tentu sehat. Ada lagi contohnya online diluar rumah padahal dirumah telah di sediakan komputer kecuali yang belum mempunyai.

5. Menggunakan tata bahasa Indonesia
Kebiasaan ini tentu saja perlu mendapatkan perhatian lebih karena anak sekarang lebih menggunakan bahasa alay, dan apabila tidak menggunakan bahasa tersebut akan dikucilkan. Tidak gaul katanya. Hal ini di khawatirkan akan semakin marak dan melupakan tatanan bahsa yang baik.

6. Menyalakan lampu kendaraan
Bila lampu kendaraan tidak dinyalakan maka otomatis pengendara di belakangnya akan kaget dan hal ini akan mengakibatkan kecelakaan.

7. Berdo'a
Memang kebanyakan anak sekarang lupa untuk berdo'a sebelum melakukan sesuatu. Dan lupa tersebut lama kelamaan menjadi kebiasaan bila tidak ada yang mengingatkan seorangpun. Orang tua perlu mengajari dan lebih memperhatikan anaknya karena peran orang tua sangat penting disini.

8. Mengatur emosi
Dalam mengatur emosi anak sangat rentang untuk emosi dan kurang bersabar. Terutama usia Remaja. Hal sepele saja sering kali dipermasalahkan bahkan kadang mengakibatkan perkelaian yang tidak sewajarnya. Selain itu ketika hendak dilerai oleh pihak ke-3 mereka sangat enggan untuk minta maaf.

Itulah kebiasaan-kebiasaan baik yang sekarang mulai luntur dalam diri anak

Cukup sekian cuplikan yang dapat saya berikan.












 

0 komentar:

Posting Komentar