Jumat, 30 November 2012

Menahan Amarah

Bagaimanakah cara menahan emosi? Cara mengendalikan amarah  diperlukan karena dengan pengendalian diri yang benar maka amarah kita tidak akan merugikan orang lain maupun diri sendiri apalagi untuk anak muda tentu sangat sulit untuk menehan amarahnya.

Banyak orang yang mengatakan sangat lega setelah melampiaskan kata kata marah dengan membanting benda-benda tertentu atau dengan mencaci maki orang lain, namun apakah hal tersebut merupakan solusi yang tepat? Coba dipikirkan kembali seandainya apa yang kita lakukan untuk melampiaskan amarah tersebut menimbulkan dampak negatif.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan diri agar tidak mudah marah yaitu :

Pertama, Saat anda sedang marah, nafas anda akan bergerak kencang begitu pula dengan jantung anda yang berdetak cepat namun saat anda sedang tenang nafas anda bergerak dengan pelan. Jika setiap saat anda mengatur nafas anda dengan pelan dan dalam maka anda dapat mengendalikan amarah. Hal itu juga berfungsi sebagai terapi bagi anda sebagai terapi penyembuhan penyakit darah tinggi dan berbagai penyakit dalam tubuh anda.
Kedua, Marah itu berasal dari setan. Setan itu berasal dari api. Api hanya dapat dipadamkan dengan air. Maka Berwudhulah
Ketiga, Mencurahkan rasa kesal anda melalui tulisan
Keempat , Belajar menerima orang lain apa adanya karena kita harus menyadari bahwa jangan marah bila orang lain tidak bisa menjadi seperti yang Anda inginkan karena anda sendiri tidak bisa menjadikan diri anda seperti yang Anda inginkan
Kelima, Curhatlah kepada orang yang anda percaya yang dekat dengan Anda
Keenam, Lakukan hal-hal yang Anda sukai. Misalnya dengan mendengarkan musik, bermain binatang kesukaan dll
Ketujuh, Maafkan orang yang membuat Anda marah.

Nach itu dia tips-tips yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar